Tips Membuat To Do List Harian Dengan Mudah

Memiliki banyak tugas terkadang membuat seseorang kewalahan untuk melakukannya. Hal itu dikarenakan mereka tidak memiliki to do list harian yang sangat membantu. Dengan menggunakan to do list, seseorang akan ingat dengan tugas yang akan dikerjakan sehingga bisa fokus menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

to do list
To do App
To do list juga akan membuat seseorang lebih pintar dalam membagi waktu. Tidak seenaknya menyepelekan waktu yang sangat berharga itu. Untuk membuat sebuah to do list, bisa dilakukan dengan tahapan-tahapan seperti di bawah ini.

Tahapan Membuat To Do List Harian

1. Buat To Do List Pada Malam Hari

Membuat to do list pada malam hari dinilai lebih efektif karena waktu yang relatif lebih lama. Pembuatan to do list bisa dilakukan setelah makan malam, sambil nonton tv ataupun sebelum tidur. Dengan adanya to do list ini membuat seseorang merasakan ke khawatiran pada pagi hari. Kekhawatiran ini muncul karena mereka tidak mengetahui tugas apa saja yang akan dilakukan pada satu hari kedepan.

2. Buat Tugas Spesifik

Keuntungan menuliskan tugas lebih spesifik adalah agar nantinya ketika akan menjalankan tugas, lebih memahami apa yang akan dilakukan. Hindari membuat daftar tugas seperti membuat laporan, menulis naskah, ataupun menghitung pemasukan saja. Coba untuk mencantumkan hal yang lebih spesifik seperti menulis naskah pidato untuk kepala desa atau yang lainnya.

3. Buat Maksimal 7 Tugas Saja

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna, pasti ada keterbatasan yang dimiliki. Untuk itu, tugas yang bisa dilakukan juga tidak tanpa batas. Untuk itu, batasi tugas yang bisa dilakukan dalam sehari sehingga kualitas dari pengerjaan tugasnya bisa terjaga dengan baik. Dari 7 tugas ini, buat lebih spesifik seperti yang sudah dijelaskan pada nomor dua.

4. Fokus Ke Tugas Prioritas

Jika memiliki tugas yang bisa dibilang jadi prioritas, masukkan tugas ini pada awal. Pada pagi hari pikiran masih segar sehingga cocok untuk mengerjakan tugas yang lebih berat dibanding yang lainnya. Apalagi jika tugas ini bersifat deadline yang memang harus dikerjakan tepat waktu. Untuk itu, perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tiap tugas, sehingga semua tugas bisa dikerjakan semua.

Yuk dibikin to do list buat besok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel