Tips Bersepeda Jarak Jauh

Jika tidak bisa berolahraga yang membutuhkan keahlian khusus, bersepeda bisa menjadi pilihan. Siapapun bisa melakukan olahraga ini asalkan dalam kondisi sehat. Karena memang bersepeda membutuhkan kondisi fisik yang bagus serta tenaga yang prima.

sepeda mosso
Sepeda cap Mosso -ruben riera
Namun perlu diperhatikan jika bersepeda untuk jarak jauh. Tidak sembarang orang bisa melakukannya karena tenaga akan begitu terkuras setelah menempuh perjalanan jauh. Jika ingin bersepeda jarak jauh, coba untuk menjalankan beberapa tips di bawah ini terlebih dahulu.


Tips Bersepeda Jarak Jauh Untuk Menghindari Kelelahan Berlebih

1. Istirahat Sebelum Bersepeda

Bersepeda jarak jauh memang membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Untuk itu, istirahat dahulu sebelum bersepeda dan tidak melakukan aktivitas yang berat. Ini berguna agar tubuh tetap dalam kondisi prima untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan. Hindari kebiasaan tidur larut malam ataupun bekerja lembur. Atur waktu sebaik mungkin khususnya untuk khususnya satu hari sebelum bersepeda. Jika tubuh dalam kondisi bugar, bersepeda jarak jauh pun akan terasa menyenangkan.

2. Persiapkan Sepeda Dengan Baik

Kehandalan sepeda menjadi kunci pada saat bersepeda jarak jauh. Tak hanya butuh tenaga yang prima saja, sepeda juga harus dalam kondisi bagus. Pastikan tidak ada bagian yang mengalami kerusakan atau masalah sedikitpun. Akan sangat merepotkan jika rusak di tengah jalan, terlebih jika tidak membawa peralatan untuk memperbaiki. Lebih baik untuk meminta teman atau siapapun untuk mengawal menggunakan kendaraan bermotor. Sehingga jika terjadi kerusakan bisa langsung diperbaiki.

3. Latihan Dahulu

Tak mudah untuk bersepeda dengan jarak yang jauh. Butuh kemampuan untuk bisa melakukan hal ini termasuk bagaimana cara mengatur nafas, mengayuh pedal agar tidak mudah lelah dan sebagainya. Kemampuan bisa didapatkan dengan cara latihan bersepeda terlebih dahulu.

4. Makan dan Minum Yang Sehat

Salah satu penunjang tenaga agar tetap stabil adalah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Agar tubuh mendapat nutrisi yang baik, coba untuk memakan atau minum yang sehat, seperti buah-buahan, sayur dan juga susu. Dengan begitu, tenaga bisa meningkat untuk menunjang bersepeda jarak jauh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel