Tips Aman Bersepeda Gunung

Blogku.my.id - Bagi yang bosan bersepeda di jalanan umum, coba deh untuk mencoba bersepeda gunung. Olahraga yang termasuk ekstrim ini memiliki peminat yang cukup banyak meski resikonya tinggi. Bersepeda dengan menggunakan trek di area dekat gunung jauh lebih seru dibanding di jalanan biasa. Pasalnya, di sana nantinya bisa melihat panorama yang indah dari alam. Itu akan membuat pikiran menjadi segar kembali. Namun, ada berbagai tips yang harus dilakukan untuk mencoba olahraga ini. Karena akan sangat beresiko jika tidak dipersiapkan dengan baik. Ikuti tips bersepeda gunung di bawah ini untuk menjaga keamanan.

tips aman bersepeda gunung
Tips aman bersepeda gunung

Tips Aman Bersepeda Gunung

1. Menggunakan Sepeda Khusus

Sekarang ini, ada bermacam-macam sepeda yang dibagi berdasarkan penggunaannya. Salah satunya sepeda gunung yang dirancang untuk bisa bersepeda di area yang tidak rata. Sesuaikan ukuran sepeda dengan tubuh Anda, dan pastikan nyaman untuk digunakan. Meski harganya bisa dibilang mahal, tapi demi keselamatan hal ini bisa dilakukan. Banyak toko sepeda yang menjual sepeda gunung dengan kualias yang bagus.

2. Gunakan Helm Khusus

Bersepeda akan lebih aman jika menggunakan helm. Perlengkapan ini berguna untuk melindungi kepala jika terjatuh. Apalagi lokasi bersepeda di gunung sangat beresiko untuk terjatuh dan terbentur benda-benda keras. BGunakan helm khusus bersepeda yang berkualitas, sehingga kekuatannya terjamin untuk menjaga bagian kepala.

Baca Juga : Perlengkapan Sepeda Yang Harus Disediakan

3. Lengkapi Dengan Perlengkapan Lain

Untuk tetap aman saat bersepeda gunung, gunakan perlengkapan lain yang akan sangat berguna nantinya. Perlengkapan itu diantaranya kaos lengan panjang, sarung tangan, sepatu, kaos kaki, pelindung lutut dan siku, botol berisi air minum dan yang lainnya. Usahakan gunakan perlengkapan selengkap mungkin untuk memastikan keamanan saat bersepeda gunung.

4. Fokus Dengan Jalan

Umumnya, bersepeda gunung dikenal dengan istilah down hill. Sehingga jalur yang digunakan cenderung menurun yang mengakibatkan laju sepeda sangat kencang. Untuk itu, fokus terhadap jalan yang akan dilalui dan jangan sekali-kali meleng saat sepeda masih melaju. Hindari batu yang ada di jalur sepeda untuk menghindari tergelincir.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel