Cara Berkebun Di Lahan Sempit Menggunakan Metode Botol Bekas

Siapapun orang baik yang berasal dari perkotaan maupun pedesaan, akan merasakan keseruan ketika berkebun. Tapi, tak semua orang bisa merasakan bagaimana asyiknya berkebun karena keterbatasan lahan. Mereka kehilangan kesempatan untuk bisa menanam sayuran seperti sawi, brokoli, wortel hingga cabai. Tapi tunggu dulu, berkebun di lahan yang sempit ternyata memungkinkan juga loh. 

Inovasi cara berkebun ini memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah dan juga lahan sempit. Gunakan saja metode penanaman menggunakan botol plastik bekas. Nantinya, tanaman pada botol bekas ini akan digantung di sisi-sisi rumah yang masih terkena sinar matahari. Selain akan mendapat manfaat ketika panen, rumah Anda juga akan terlihat lebih indah.

Tips Berkebun Menggunakan Botol Plastik Bekas

 
Botol bekas yang bermanfaat

Untuk melakukan cara ini, ada berbagai tahapan yang perlu dilakukan. Anda perlu menyiapkan botol plastik dengan ukuran 1,5 liter, bibit tanaman, media tanam berupa tanah yang subur.

Pertama, potong botol menjadi dua bagian dengan bagian atas botol yang terdapat tutupnya lebih panjang. Ini nantinya berguna untuk meletakkan media tanam. Jangan lupa untuk membuat lubang pada sisi botol yang berguna untuk mengikat tali saat digantung. 

Kedua, masukkan media tanam ke dalam botol sampai 3/4 bagian botol terpenuhi. Anda harus memastikan bahwa media tanam ini memang subur. Campurkan tanah dengan pupuk sebelum dimasukkan ke dalam botol. Ini berguna agar tanaman tetap mendapatkan nutrisi yang berguna untuk pertumbuhannya.

Ketiga, tanam bibit tanaman pada media tanam melalui lubang tutup botol. Jadi ketika menggantung, bagian yang ada tutup botolnya berada di bawah. Gunakan bibit yangsudah memiliki daun sehingga perkembangannya akan lebih cepat. Penyiraman dilakukan minimal sekali dalam sehari. Metode ini memungkinkan tanaman akan lebih mudah untuk mendapatkan asupan cairan.

Untuk proses perawatannya terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menyiram secara rutin, memberi pupuk sebulan sekali dan juga mengusir hama yang menganggu. Sebelum menanam, pastikan tanaman yang ditanam tidak bisa berukuran besar ketika dewasa. 

Tanaman yang cocok adalah seperti sawi, bayam, kangkung, dan sayuran kecil lainnya.

Happy gardening.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel