5 Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Ampuh Dan Mudah Didapatkan

Nyamuk terkadang menjadi musuh saat kita hendak tidur. Itu jelas membuat kita merasa tidak nyaman, karena gigitanya bisa membuat tubuh terasa gatal hingga bentol-bentol berwarna merah. Ada berbagai sebab mengapa nyamuk kerap masuk rumah dan menganggu seperti ruangan rumah yang lembab atau ada genangan air, atau memang rumah Anda dekat dengan pepohonan yang menjadi sarang bagi nyamuk. Untuk mengusir nyamuk, bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan media tanaman sebagai pengusir nyamuk.

Tanaman-Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Ampuh.


lemon balm
Lemon balm -pixabay.com

Lemon Balm

Di dalam Lemon Balm, terkandung senyawa stronelal yang bisa dimanfaatkan sebagai media pengusir nyamuk. Tanam pada halaman rumah atau area yang sekiranya menjadi sarang bagi nyamuk. Jika tanaman ini sudah tumbuh besar, tidak ada lagi nyamuk yang berani mendekati rumah Anda.

tapak dara
Tapak dara -pixabay.com

Tapak Dara

Tapak Dara Mengandung geraniol serta sitronelol membuat Tapak Dara cocok untuk dijadikan tanaman pengusir nyamuk. Tapak Dara sebenarnya merupakan tanaman hias, jadi Anda bisa menanamnya sebagai penghias halaman rumah. Untuk menanam tanaman ini sebenarnya tidak perlu lahan yang lebar, karena Tapak dara bisa tumbuh subur dalam sebuah pot saja.

pennyroyal
Pennyroyal -pixabay.com

Pennyroyal

Jika Anda pernah melihat daun mint, Pennyroyal memiliki karakteristik yang tidak berbeda jauh karena keduanya merupakan satu famili. Tanaman ini juga memiliki fungsi sebagai pengusir nyamuk yang ramah lingkungan dan hemat tentunya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan selain untuk mengusir nyamuk, Pennyroyal bisa digunakan sebagai obat flu tradisional.

selasih
Selasih -pixabay.com

Selasih

Sama seperti tanaman pengusir nyamuk yang lainnya, Selasih juga memiliki kandungan berupa geraniol, linalool dan juga euganol yang tidak disukai nyamuk. Bau yang menyengat membuat nyamuk tidak betah berada di dekat tanaman ini.

rosemary
Rosemary -pixabay.com

Rosemary

Jika Anda memiliki tanaman Rosemary, tak perlu khawatir jika banyak nyamuk di rumah Anda. Ambil saja daun dari tanaman tersebut dan letakkan pada ruangan rumah. Aromanya yang mirip dengan minyak telon membuat nyamuk tidak suka. Gunakan daun Rosemary ketika malam hari saat hendak tidur sehingga Anda tidak lagi diganggu nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk tersebut bisa di beli di kios tanaman atau kios bunga terdekat di kota Anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sering kali kita menggunakan anti nyamuk berbahan kimia, nah, mengapa kita tidak mencoba menanam tanaman pengusir nyamuk tersebut.

Happy Gardening

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel